adhyasta

Kontraktor lanskap / kontraktor landscape

Anda sedang mencari Kontraktor lanskap / kontraktor landscape, Adhyasta dapat mewujudkan Kontraktor lanskap / kontraktor landscape yang indah, Segera Hubungi Kami !

Kontraktor lanskap / kontraktor landscape

Kontraktor lanskap / kontraktor landscape adalah sebuah pekerjaan yang berhubungan dengan perancangan dan pembangunan dari bentang alam sejauh mata memandang agar supaya dapat dibangun sesuai dengan rencana yang akan kita ingin dapatkan.

adhyasta

Cakupan dari kontraktor lanskap / kontraktor landscape

Cakupan dari kontraktor lanskap / kontraktor landscape ada beberapa skala pertama skala besar dan yang kedua adalah skala kecil.

1. Skala besar

Contoh kontraktor lanskap / kontraktor landscape di skala besar yaitu perancangan dan konstruksi regional atau kota, perancangan atau konstruksi tapak daerah industri, perancangan atau konstruksi di kawasan rekreasi.

2. Skala kecil

Kontraktor lanskap / kontraktor landscape dalam skala kecil bisa diberikan contoh sebagai berikut yaitu pembuatan atau konstruksi taman kota, pembuatan konstruksi taman untuk lingkungan, pembuatan konstruksi taman rumah atau pekarangan sekitar rumah.

Contoh-contoh pekerjaan yang dilakukan oleh kontraktor lanskap / kontraktor landscape

adhyasta

Contoh-contoh pekerja yang dilakukan oleh kontraktor lanskap / kontraktor landscape adalah seperti pembuatan taman, bermain, lahan terbuka hijau, lanskap jalan, Olympic site, Taman lingkungan, Taman Kota, waterfront, Taman sekolah, lapangan golf, taman rekreasi, wetland, pekarangan kampus, kawasan industri, kawasan bersejarah pemakaman, kebun Raya, lahan pertanian, sungai atau danau, jalan Raya, koridor jalan, penyediaan kawasan perumahan, perencanaan kota dan lain sebagainya

Kontraktor lanskap / kontraktor landscape adalah pekerjaan yang dari awal sampai dengan terakhir harus dilibatkan dalam pembuatan suatu kawasan, Karena pekerjaannya tidak hanya sekedar pembuatan kontraktor dalam hal pembangunan suatu kawasan tetapi juga termasuk maintenance dari pekerjaan kontraktor lanskap / kontraktor landscape yang telah dilakukan sebelumnya.

Kontraktor lanskap / kontraktor landscape sangat erat kaitannya dengan bidang arsitektur baik interior maupun eksterior, karena hal tersebut sangat berkaitan erat dan saling berhubungan antara satu dengan yang lain, tapi yang membedakan adalah arsitektur interior itu adalah terkait pembuatan desain di dalam kalau arsitektur lanskap itu terkait dengan desain di luar beserta tanaman-tanaman yang harus di maintenance.

adhyasta

Arsitektur lanskap

Apa pekerjaan arsitektur lanskap, arsitektur laskar dapat bekerja di konsultan perencanaan dan desain dan juga bekerja di bidang konstruksi atau kontraktor lanskap / kontraktor landscape. pekerjaan arsitektur lanskap dalam bidang konstruksi dan dalam kontraktor lanskap / kontraktor landscape adalah sebagai lanjutan dari pekerjaan arsitektur di konsultan perencanaan dan desain. setelah bagian perencanaan dan desain membuat gambaran perencanaan maka kontraktor lanskap / kontraktor landscape bertugas untuk membuat dalam pembangunan dan konstruksi dari desain tersebut.

Dari sisi sekop pekerjaan yang dilakukan oleh kontraktor lanskap / kontraktor landscape baik dari sisi sekarang mikro maupun yang berskala makro seperti pembangunan taman-taman yang bersifat tematik atau membuat taman di kawasan wisata bisa juga pembangunan taman-taman di perkantoran atau bahkan di perumahan, ada juga yang melakukan pembuatan konstruksi lanskap untuk pembuatan konstruksi jalur hijau dan lain sebagainya.

Bagaimana proses kerjanya

Ada beberapa hal yang dilakukan oleh kontraktor sebelum bekerja membuat konstruksinya khususnya untuk kontraktor lanskap / kontraktor landscape, ada tiga tahapan project yang harus kita lakukan, mulai dari pra pelaksanaan, pelaksanaan, serta pasca pelaksanaan.

Pra pelaksanaan

adhyasta

Dalam tahapan pra pelaksanaan kontraktor lanskap / kontraktor landscape bekerja dengan 6 tahapan yaitu

1. Review dokumen

Dalam pekerjaan review dokumen dokumen pra pelaksanaan yang harus direview seperti dokumen kontrak, bill of quantity, rencana anggaran dan biaya RAB yang digunakan kontraktor lanskap / kontraktor landscape

2. Memfiksasi anggota tim proyek kontraktor lanskap / kontraktor landscape

Kita harus paham uraian pekerjaannya detail-detailnya seperti apa. Memastikan Job deskripsi, setelah dari itu kita juga harus memastikan tim yang akan bekerja dalam proyek tersebut, mulai dari project managernya, supervisornya, pekerjanya, bahkan sampai mandornya.

3. Persiapan sub kontraktor yang terlibat

Kita harus memastikan vendor-vendor yang bekerjasama inject pada project kontraktor lanskap / kontraktor landscape tersebut

4. Persiapan alat dan bahan

Kita harus mempersiapkan alat dan bahan untuk pekerjaan kontraktor lanskap / kontraktor landscape

5. Terus cek persiapan kondisi lapangan

Kita diharuskan mengkroscek kondisi lapangannya, sudah bisa dilakukan untuk pekerjaan konstruksi atau belum, hal ini dapat mempengaruhi efektivitas dan waktu pengerjaan kontraktor lanskap / kontraktor landscape

Kontrak dengan sub kontraktor yang akan terlibat dalam kontraktor lanskap / kontraktor landscape

apabila kita menggunakan sub kontraktor maka kita harus melakukan kontrak dengan sub kontraktor sub kontraktor yang akan terlibat dalam suatu proyek hal ini guna memberikan suatu perjanjian yang profesional antara kita dengan sub kontraktor

6 hal diatas harus dilakukan pada tahapan pra pelaksanaan kontraktor lanskap / kontraktor landscape. sekarang adalah tahapan pelaksanaan hal yang dilakukan adalah dengan melakukan

1. Mapping area kerja kontraktor lanskap / kontraktor landscape

Mapping area kerja adalah berguna untuk efisiensi pekerjaan dimana skala prioritas area yang harus kita kerjakan dahulu atau yang akan kita kerjakan belakangan.

2. Koordinasi dengan tim terkait

Hal ini bisa dilakukan dengan cara koordinasi dengan pemilik area termasuk juga vendor-vendor yang terlibat dalam proyek tersebut, hal ini wajib dilakukan agar supaya kita tidak bersinggungan dengan pihak vendor-vendor lain yang terlibat dalam proyek kontraktor lanskap / kontraktor landscape tersebut.

3. Meeting progress

Meeting progress bisa dilaksanakan setiap minggu melaporkan sejauh mana hal-hal dalam perkembangan proyek kontraktor lanskap / kontraktor landscape tersebut yang telah terselesaikan ataupun yang akan dilakukan, hitam bisa melakukan review sejauh mana pekerjaan yang telah kita lakukan serta di mana kendala-kendala yang sedang dihadapi dalam konstruksi proyek tersebut, bahkan kita bisa melakukan diskusi terkait strategi-strategi yang dapat ditempuh untuk mempercepat dalam konstruksi landscape atau dalam proyek tersebut.

4. Berita acara progres

Berita acara progres akan dilakukan pengecekan oleh manajer konstruksi kontraktor lanskap / kontraktor landscape, misalnya pembangunan konstruksi sudah mencapai berapa persen dari total pekerjaan 100%, misal apabila ditemukan kekurangan bisa dipikirkan bagaimana caranya meningkatkan progres kita

Tahapan pasca pelaksanaan

Tahapan pasca pelaksanaan adalah kegiatan yang dilakukan setelah pekerjaan proyek kontraktor lanskap / kontraktor landscape pelaksanaan mencapai 100% dilakukan, hal-hal yang dilakukan dalam tahapan pasca pelaksanaan adalah

1. Mengajukan checklist pekerjaan

Pekerjaan yang telah kita lakukan akan dicek oleh manajer konstruksi, oleh owner dan bender-bender yang terlibat dalam proyek tersebut, apakah sudah sesuai dengan spesifikasi dan volumenya, setelah semua oke maka kita akan mengajukan berita acara serah terima yang pertama.

2. Mengajukan berita acara serah terima yang pertama

Mengajukan berita acara serah terima yang pertama berguna untuk mengajukan pemeliharaan di proyek untuk proyek kontraktor lanskap / kontraktor landscape ada yang 3 bulan 6 bulan atau bahkan setahun setelah project-nya

3. Melakukan pemeliharaan hasil pembangunan kontraktor lanskap / kontraktor landscape

Menyerahkan berita acara serah terima yang kedua

Setelah melakukan pemeliharaan dan hasilnya baik maka hal yang dilakukan adalah menyerahkan berita acara serah terima yang kedua ini berarti semua proyek kontraktor lanskap / kontraktor landscape sudah selesai

Dalam pekerjaan kontraktor lanskap / kontraktor landscape sebenarnya adalah time management yang baik untuk lebih diperhatikan, karena di setiap proyek yang dilakukan apa yang kita lakukan tidak langsung selesai dilakukan tetapi hal tersebut sangat tergantung dengan vendor-fender lain yang bekerja dalam proyek tersebut sehingga penyelesaian waktu harus tetap dalam koordinasi.

Dalam pekerjaan kontraktor lanskap / kontraktor landscape yang sangat menarik adalah apabila kita telah mengerjakan dengan seluruh effort yang ada dan pekerjaan itu adalah selesai kita akan sangat puas apabila menghasilkan sebuah karya, karya dari kontraktor lanskap / kontraktor landscape yang dapat dinikmati oleh semua orang hal tersebut akan membuat hati kita senang dan bangga sehingga hal semacam ini akan bisa menjadikan sebuah legacy yang dapat disaksikan oleh anak dan cucu kita nantinya itulah yang menjadi kesenangan atau kebanggaan dalam pekerjaan kontraktor lanskap / kontraktor landscape.

Berikut Kontraktor lanskap / kontraktor landscape Kami

Dengan kualitas dan sentuhan profesional, kami yakin anda akan mendapatkan kepuasan layanan kami.

Penulis: Denny Rakhmad Widi Ashari
spesilais lapangan tenis
spesialis lapangan tenis